Trik Menjaga Motivasi Kerja

SEBAGIAN dari Anda pasti pernah merasa jenuh bekerja. Entah karena rutinitas, entah karena belum naik gaji, entah tidak ada pemandangan menarik di ruang kerja, entah karena naksir pekerjaan lain? Tetapi kadang Anda tak sadar pekerjaan Anda sangat bermasa depan. Cuma perlu menangkis kejenuhan supaya kembali semangat bekerja. Nah, bagaimana triknya?

Pertama, pecahlah tugas Anda menjadi beberapa bagian kecil.
Anda hanya perlu membagi tugas Anda (break down) menjadi bagian-bagian yang lebih kecil agar lebih terkendali. Dengan membagi tugas Anda menjadi tugas-tugas yang lebih kecil, akan membuat pekerjaan juga tidak membosankan. Ketika Anda berhasil menyelesaikan satu tugas kecil, Anda akan merasa terpuaskan dan gembira. Secara psikologi ini merupakan modal berharga untuk melangkah ke tugas kecil berikutnya.

Ada baiknya Anda memberikan penghargaan untuk diri Anda sendiri setelah satu pekerjaan kecil selesai, misalkan membeli apapun yang bisa memanjakan Anda untuk merayakan pencapaian yang telah Anda lakukan.

Kedua, manfaatkan efek bola salju.
Temukan bagian dari tugas Anda yang yang paling menyenangkan dan mulailah dari sana. Anda akan dengan mudah dan cepat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Ketika Anda selesai mengerjakan bagian dari tugas yang menyenangkan, secara tidak sadar Anda telah selangkah lebih maju menuju penyelesaian tugas atau proyek Anda. Inilah yang disebut efek bola salju.

Ketiga, hindari mengerjakan banyak tugas sekaligus.
Fokuslah pada apa yang sudah ada di depan mata Anda. Selesaikan tugas Anda satu per satu. Saya jamin Anda akan lebih produktif, tingkat motivasi Anda akan terus meningkat, serta Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

Keempat, beristirahatlah sejenak.
Setelah Anda bekerja selama 40-45 menit, ambillah break ringan selama 3-5 menit. Disarankan Anda sedikit menjauh dari area kerja Anda.

Penelitian mengatakan bahwa setelah Anda bekerja selama 40-45 menit, otak Anda cenderung lelah atau melambat. Ketika Anda merasa sangat lelah atau Anda sudah tidak dapat fokus lagi, beristirahatlah sejenak. Lakukan peregangan, minum segelas air putih, atau berjalan-jalan mencari udara segar. Anda akan mendapatkan energi tambahan secara instan, sehingga Anda akan termotivasi dan bersemangat untuk melanjutkan kembali pekerjaan Anda.

Terakhir, beristirahat dan bersenang-senanglah
Anda bukanlah robot, oleh karena itu sangat disarankan agar Anda meninggalkan pekerjaan sementara waktu. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan, seperti menonton bioskop, pergi ke restoran favorit, chatting, atau berkumpul bersama dengan sahabat-sahabat Anda.

sumber : http://perempuan.com/

0 komentar:

Posting Komentar