Mata Sehat Saat Menonton TV

Sebenarnya menonton televisi aman bagi mata, karena peregangan di mata saat melihat televisi tidak terlalu berlebihan dibanding pada saat membaca. Dengan memperhatikan hal berikut, mata anda akan lebih aman saat melihat televisi:





O> Pemecahayaan yang memadai, tidak terlalu kuat dan lemah. Pencahayaan yang terlalu kuat dapat mengurangi kontras di layar dan mengaburkan pandangan. Sebaiknya tidak menempatkan sumber cahaya yang dapat mengakibatkan pantulan di televisi. Selain itu, usahakan warna benda di sekitar televisi bercorak netral.

O> Sebaiknya cahaya di ruang televisi tidak gelap total. Ruangan yang gelap total mengakibatkan kontras televisi menjadi berlebihan sehingga menggangu kenyamanan mata. Warna di ruangan tidak menyesuaikan dengan televisi, melainkan televisi yang menyesuaikan kondisi ruangan.

O> Perhatikan jarak saat menonton televisi. Setidaknya jarak antara mata dan televisi adalah lima kali diameter layar. Pada jarak tersebut, gambar dapat terlihat jelas dan tidak mengganggu mata. ika sering menonton dalam jarak dekat, sebaiknya segera melakukan pemerikaan kesehatan mata. Rabun jauh (myopia) dapat menyerang pada anak yang sering menonton televisi dalam jarak dekat.

O> Pastikan posisi televisi telah diatur dengan baik. Posisi televisi sebaiknya ejajar sengan mata sehingga ketika menonton tidak harus mendongak atau membungkuk.

O> Jika di haruskan memakai kacamata, gunakan kacamata tersebut saat menonton televisi

0 komentar:

Posting Komentar